Selasa, 06 April 2010

Klasifikasi Tuna Grahita

Sesungguhnya anak tuna grahita terdiri atas beberapa klasifikasi. Setiap klasifikasi selalu diukur dengan tingkat IQ mereka, yang terbagi menjadi tiga kelas yakni: tuna grahita ringan, tuna grahita sedang dan tuna grahita berat.
» Tuna Grahita Ringan
Anak yang tergolong dalam tuna grahita ringan memiliki banyak kelebihan dan kemampuan. Mereka mampu dididik dan dilatih. Tuna grahita ringan lebih mudah diajak berkomunikasi. Selain itu kondisi fisik mereka tidak begitu mencolok. Mereka mampu berlindung dari bahaya apapun. Karena itu anak tuna grahita ringan tidak memerlukan pengawasan ekstra.
» Tuna Grahita Sedang
Tidak jauh berbeda dengan anak tuna grahita ringan. Anak tuna grahita sedang pun mampu diajak berkomunikasi. Namun, kelemahannya mereka tidak begitu mahir dalam menulis, membaca dan berhitung. Tetapi, ketika ditanya siapa nama dan alamat rumahnya akan dengan jelas dijawab. Mereka dapat bekerja di lapangan namun dengan sedikit pengawasan. Begitu pula dengan perlindungan diri dari bahaya. Sedikit perhatian dan pengawasan.
» Tuna Grahita Berat
Anak tuna grahita berat disebut juga idiot. Karena dalam kegiatan sehari-hari mereka membutuhkan pengawasan, perhatian, bahkan pelayanan yang maksimal. Mereka tidak dapat mengurus dirinya sendiri apalagi berlindung dari bahaya. Asumsi anak tuna grahita sama dengan anak idiot tepat digunakan jika anak tuna grahita yang dimaksud tergolong dalam tuna grahita berat.

Sumber: Buku Psikologi Pendidikan, oleh Hendro prabowo dan Ira puspitawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar